Gugus Tugas Segera Kirim 7 Sampel Swab ke Kupang

  • Bagikan
Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Ende, dokter Muna Fatma

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Ende, segera mengirim 7 sampel swab untuk dilakukan tes di Kupang. Pengiriman ini menyusul telah selesainya tes swab terhadap 16 sampel yang dikirim sebelumnya.

Menurut juru bicara Gugus Tugas, dokter Muna Fatma (19/5/20), sebenarnya pengiriman terhadap 7 sampel swab sudah dilakukan. Namun, pihaknya terpaksa menunda pengiriman lantaran angkutan Feri belum beroparasi.

“Untuk sementara Feri belum bisa berlayar mengingat faktor cuaca,” kata dokter Muna.

Dirinya memastikan 7 sampel yang akan dikirim ini, semuanya berasal dari pengembangan klaster Gowa. Sampel dikirim setelah rapid test sebanyak dua kali menunjukan hasil reaktif.

Jika telah dikirim, maka 7 sampel ini akan tercatat sebagai pengiriman tahap ketiga. Sebelumnya, pada tahap pertama Gugus Tugas mengirim 6 sampel. Dan pada tahap kedua, telah dikirim 16 sampel untuk uji swab.

Seperti diketahui, 6 sampel swab pada tahap pertama, terdiri atas 5 sampel klaster Gowa dan 1 sampel hasil pengembangan klaster Gowa. Hasil uji swab menemukan 1 sampel positif terinveksi covid-19.

Lalu, 16 sampel yang dikirim pada tahap kedua, terdiri dari 5 sampel klaster Magetan, 4 sampel dari Laboratorium Mahardhika, dan sisanya adalah sampel hasil pengembangan klaster Gowa.

Hasil uji swab terhadap 16 sampel itupun telah dikeluarkan. Uji swab menemukan 5 sampel positif covid-19. Dengan rincian 3 sampel dari pengembangan Klaster Gowa, dan 2 sampel klaster Magetan.

Mengenai kapan 7 sampel swab tahap ketiga  akan dikirim, dokter Muna Fatma tidak dapat memastikan. “Kami masih menunggu, transportasi tercepat mana yang bisa kita pakai untuk mengirim sampel swab ke Provinsi,” jelas dokter Muna. (ARA/EN)

 

  • Bagikan