Jenazah Pasien Covid-19 di TTS Dicuri Dari TPU

Avatar photo
Ilustrasi pemakaman pasien Covid-19
Ilustrasi pemakaman pasien Covid-19

Jenazah pasien Covid-19 di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT) dicuri oleh orang tidak dikenal. Jenazah Almarhumah berinisial HUL dicuri dari lokasi makam khusus pasien Covid-19 di TPU Desa Oebaki, kecamatan Noebeba.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 yang juga Bupati Timor Tengah Selatan, Egusem Pieter Tahun, yang dikonfirmasi Minggu (7/2) malam membenarkan kejadian tersebut. Menurut Pieter Tahun, pihaknya tidak tahu persis kapan jenazah tersebut dicuri.

“Kita sampai sekarang tidak tahun keluarga (yang mengambil) atau bukan yang mengambilnya,” jelasnya seperti dilansir CNN Indonesia (08/02/21).

Epi Tahun mengaku sudah kelapangan (TPU) untuk melihat langsung bekas lubang yg memakamkan jenazah. Sehingga besok akan segera dilaporkan ke pihak kepolisian, tandasnya.

“Sekarang kita tidak tahu (keberadaan jenazah) sehingga besok (Senin) akan meminta polisi untuk melacak keberadaan jenazah yang dicuri tersebut”.

Dikatakan Epi Tahun pihaknya sampai saat ini belum mengetahui kapan kasus tentang pencurian jenazah tersebut terjadi.

Diakui Bupati yang akrab disapa Epi itu, sebelumnya memang sempat terjadi perdebatan antara pihak Satgas Covid-19 TTS dan keluarga almarhum HUL mengenai lokasi pemakaman.

Awalnya keluarga hendak mengambil jenazah untuk dimakamkan sendiri tetapi setelah diberi penjelasan oleh gugus tugas, pihak keluarga akhirnya menyetujui dan menandatangani pernyataan bahwa pemakaman jenazah HUL secara protokol kesehatan di tempat pemakaman umum khusus pasien terpapar Covid-19 Oebaki

Untuk diketahui, almarhumah HUL meninggal dunia pada Senin, 1 Februari 2021. Sebelumnya HUL sempat dirawat selama 1 malam atau sejak Minggu 31 Januari 2021 di RSUD So’e. Sebelum meninggal, almarhum HUL telah di tes SWAB dan hasilnya Positif terpapar Covid-19. (C/EN)