Vaksinasi Massal dan Penukaran Uang Lusuh Awali Kegiatan Harlah Pancasila

Avatar photo
Panitia melayani vaksinasi massal kepada masyarakat (20/5/22)
Panitia melayani vaksinasi massal kepada masyarakat (20/5/22)

Rangkaian kegiatan menuju puncak peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni di Ende mulai dilakukan. Dua kegiatan pembuka, vaksinasi massal dan penukaran uang lusuh, mengawali rangkaian kegiatan dan event menyongsong peringatan Harlah Pancasila.

Vaksinasi massal dan penukaran uang lusuh digelar di lapangan LED Cofee, Kota Ende, selama dua hari pada Jumat dan Sabtu (20-21/5/22). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi NTT bekerjasama dengan Pemkab Ende, Bank NTT, BINDA, TNI dan Polri.

Advertisement
melki laka lena
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Kegiatan ini merupakan awal dari seluruh rangkaian kegiatan perayaan memeriahkan peringatan Hari Lahir Pancasila tingkat nasional tahun 2022 di Kabupaten Ende,” ucap Kabid Ideologi Wawasan Kebangsaan Kesbangpol NTT, Medi Pello (20/5/22).

“Ini adalah hari pertama kita melakukan kegiatan ini, dengan dukungan Bank NTT dan seluruh partisipasi masyarakat, terus meningkatkan capaian vaksinasi di provinsi Nusa Tenggara Timur dan Kabupaten Ende”.

Vaksinasi massal dan penukaran uang lusuh dibuka pada hari pertama dan diikuti oleh masyarakat di Kota Ende. Vaksinasi massal, sebagai kegiatan pembuka, digelar untuk semakin meningkatkan angka vaksinasi di Nusa Tenggara Timur khususnya di Ende.

Sementara penukaran uang lusuh merupakan sebuah gerakan untuk mencintai mata uang Indonesia, Rupiah. Karenanya dalam kegiatan ini masyarakat dapat menukarkan uang-uang lusuh di tempat berlangsungnya kegiatan.

“Kami menyelenggarakan vaksinasi massal dan penukaran uang lusuh melalui sosialisasi gerakan cinta uang rupiah,” kata Medi.

Hari pertama berlangsungnya kegiatan terpantau aman. Warga Kota Ende berbondong-bondong mengikuti vaksinasi massal dan menukarkan uang lusuh kepada panitia. Kegiatan ini berlangsung tanpa kejenuhan sebab panitia menyiapkan live musik untuk menghibur masyarakat. Pada hari kedua, kegiatan vaksinasi massal dan penukaran uang lusuh terpantau ramai dan berakhir sekitar pukul 15.00 waktu setempat.

Untuk diketahui, vaksinasi massal dan penukaran uang lusuh merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan menuju peringatan Harlah Pancasila secara nasional yang akan berlangsung di Ende. Dalam peringatan tahun ini, Presiden Joko Widodo telah dipastikan hadir dan akan menjadi inspektur upacara Harlah Pancasila. (ARA/EN)