Profil Kapolres Ende, AKBP Albertus Andreana

Avatar photo
Kapolres Ende, AKBP Albertus Andreana
Kapolres Ende, AKBP Albertus Andreana

Pergantian kepemimpinan di Polres Ende terjadi pada beberapa waktu lalu. AKBP Andhika Aditama digantikan oleh AKBP Albertus Andreana. Pergantian tersebut sesuai Keputusan Kapolri Nomor : Kep/1304/VI/2020, tanggal 24 Juni 2020.

Atas dasar itu, tanggal 10 Juli 2020 dilakukan serah terima jabatan yang dipimpin oleh Kapolda NTT, Irjen Pol Drs. Hamidin, bertempat di Mapolda NTT.

Advertisement
melki laka lena
Scroll kebawah untuk lihat konten

Saat ini Kapolres Ende yang baru, AKBP Albertus Andreana, SIK, telah mulai menjalankan tugas di Kabupaten Ende. Ditemui Ende News disela-sela kesibukannya (16/7/20), Kapolres Albertus Andreana menyempatkan waktu bercerita dan berbagi pengalamannya dengan masyarakat Kabupaten Ende.

AKBP Albertus Andreana adalah ulusan Akpol angkatan tahun 2000. “Ditahun itu, saya seangkatan dengan Kapolres terdahulu, pak Andhika,” kata Kapolres Albertus Andreana.

Lulus dari Akpol, dirinya mendapat penugasan pertama di Tondano, Sulawesi Utara. Di daerah tersebut dia menjalani penugasan selama 7 tahun. Dalam rentang waktu yang panjang itu AKBP Albertus Adreana ditempatkan di beberapa posisi, diantaranya sebagai Kapolsek.

Setelah itu dia menjalani pendidikan di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), selama kurang-lebih 13 bulan.

Kemudian, karirnya berlanjut di Papua. Di tanah empunya pace-mace itu, AKBP Albertus Adreana menjalani penugasan selama 9 tahun. Karirnya tercatat di beberapa Polres di Papua di mana ia pernah ditugaskan.

Satu tahun menjelang dipindahkan, AKBP Albertus Adreana ditarik ke Polda Papua. Dirinya dipercayakan sebagai Kabag Bin Ops pada Ditreskrimsus Polda Papua.

Setelah itu AKBP Albertus Anreana menempuh pendidikan kedinasan lagi. Kali ini di Sespim (Sekolah Staf dan Pimpinan) Polri.

Selesai menjalani pendidikan ia ditugaskan di Kalimantan Timur, selama 3 tahun. Jabatan terakhirnya adalah Kasubdit Syber pada Ditreskrimsus Polda Kaltim.

Pada pertengahan tahun 2020, terbit Telegram dari Kapolri tentang pemindah-tugasan dirinya. AKBP Albertus Adreana dipindahkan ke Kabupaten Ende dalam jabatan baru sebagai Kapolres.

Ditanyakan mengenai apa yang akan dilakukan pada awal masa jabatan, dirinya menjelaskan akan melakukan peningkatan kualitas anggotanya di Polres Ende. “Saya akan meningkatkan sumber daya anggota saya dulu.” Lanjutnya, kemajuan peradaban modern membawa perubahan pula pada karakter dan tingkat kriminalitas, karena itu diperlukan pula meningkatan sumber daya.

Untuk diketahui, AKBP Albertus Adreana adalah kelahiran Jawa Tengah tahun 1977. Dia menikah pada tahun 2005. Dari pernikahan tersebut AKBP Albertus Adreana dikaruniai dua orang putra. (ARA/EN)