Kenakan Busana Adat ke Demokrat, LGD : Kita Datang “Wurumana”

Avatar photo
Reporter : ARA Editor: EN
Snapshot 49

EndeNews.Com – Bakal calon bupati Ende, Laurentius Gadi Djou atau sering disingkat LGD, mendaftarkan diri di partai Demokrat Ende, Senin 22 April 2024. LGD hadir di sekretariat partai Demokrat Ende bersama rombongan termasuk di dalamnya ketua dan sekretaris partai Golkar Ende.

LGD bersama tim hadir di Demokrat Ende mengenakan busana daerah khas Ende-Lio. Seluruh tim termasuk ketua dan sekretaris Golkar Ende, Heri Wadhi dan Megi Sigasare, hadir dengan stelan Lawo, Ragi dan kemeja putih.

Kemasan nuansa adat makin terasa ketika LGD, dalam sambutannya, menyebut bahwa kehadirannya di Demokrat Ende terasa layaknya “Wurumana”.

Dirangkum media ini, Wurumana secara harafiah terdiri dari kata “wuru” dan “mana”. Wuru artinya kekerabatan dalam ikatan kekeluargaan sedangkan mana mengandung arti banyak orang.

Secara singkat pengertian “wurumana” dapat diartikan sebagai kekerabatan dalam ikatan kekeluargaan yang dilaksanakan oleh banyak orang dan secara terus menerus.

Aku LGD, kehadirannya di Demokrat layaknya Wurumana dilihat dari sisi kekerabatan maupun hubungan antar-partai.

Beberapa pengurus DPC Demokrat Ende, kata LGD, memiliki hubungan kekerabatan dengan dirinya sehingga dirinya merasa sedang melakukan Wurumana.

“Saya pagi ini merasa bahwa kita datang Wurumana sebenarnya, kalau dilihat dari komposisi kami dan yang menerima kami,” kata LGD (22/04/24).

Selain itu, LGD juga mengaitkan Wurumana dengan hubungan antar partai, Golkar dan Demokrat. Penuturan LGD, partai Golkar dan Demokrat memiliki hubungan yang erat selama momen politik Pilpres.

Karena itu kehadiran di sekretariat partai Demokrat Ende mengenakan busana khas daerah Ende-Lio.

“Ini adalah wurumana, apalagi saya datang dengan partai Golkar yang memang mereka satu koalisi di Indonesia Maju, ya jelas ini Wurumana, maka tidak salah kami datang memakai (pakaian) adat Ende-Lio,” sambung LGD.

Dirinya berharap hubungan erat yang telah terjalin selama ini dapat dilanjutkan pada momen Pilkada dengan pengusungan dirinya sebagai kandidat calon bupati Ende.

“Oleh karena itu harapan saya, tidak lain dan tidak bukan, mudah-mudahan wurumana kita akan terus berjalan tegak lurus seperti di koalisi Indonesia Maju,”.

Pendekatan kultural yang dilakukan LGD ternyata mendapat sambutan hangat dari ketua DPC Partai Demokrat Ende, Mikel Badeoda.

Mikel menanggapi LGD dengan guyonan khas yang mencairkan suasana pendaftaran. “Di tempat ini, saya rasa juga berat sekali karena bakal calon bupati sudah menyampaikan bahwa kita ini Wurumana,” kata Mikel disambut tepuk tangan.

Untuk diketahui, hari ini LGD direncanakan mendaftarkan diri di dua partai. Setelah partai Demokrat, LGD akan menyambangi sekretariat Hanura Ende untuk melakukan pendaftaran. (ARA/EN)