Religi  

Renungan Katolik: “Bersaksi Tentang Yesus”

Avatar photo
Ilustrasi
Ilustrasi
Oleh Fr . M. Yohanes Berchmans, Bhk – Ka SMPK Frateran Ndao-Ende
Oleh Fr . M. Yohanes Berchmans, Bhk – Ka SMPK Frateran Ndao-Ende

SEMANGAT PAGI, Sudahkah anda mengawali hari baru ini dengan doa dan ucapan syukur? Jangan lupa untuk memberikan senyum, sapa, salam, sopan dan santun kepada sesama. Dan semoga hari mu indah dan menyenangkan!

Pada hari ini gereja katolik sejagat merayakan Pesta Santo Bartolomeus, Rasul. Renungan hari ini terinspirasi dari Injil Yohanes 1: 45 – 51, yakni Tentang Murid Murid Yesus Yang Pertama.

Yang menarik adalah kisah panggilan Natanael yang juga disebut Bartolomeus, yang dipestakan hari ini. Natanael yang juga disebut Bartolomeus mengenal Yesus dari sahabatnya Filipus. Dia berkata kepada Natanael: “Kami telah menemukan Dia yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus anak Yusuf dari Nazaret”.

Natanael awalnya ragu, yang akhirnya dia percaya kepada Yesus. Dia berkata: “Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?”. Untuk memupuskan keraguannya, Filipus membawa Natanael kepada Yesus dengan berkata: “Mari dan lihatlah”.

Walau Natanael ragu, namun Yesus tetap memujinya dengan berkata: “Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya”. Natanael heran, lalu berkata: “Bagaimana Engkau Mengenal aku?”. Dan Yesus menjelaskan hal yang terjadi.

Disinilah Natanael diubah oleh Yesus dari keraguan menjadi keyakinan, dengan berkata: “Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja Orang Israel”.

Dari kisah panggilan Natanael ini kita belajar bahwa pewartaan atau kesaksian hidup kita dapat membawa orang lain untuk mengenal atau berjumpa dengan Yesus.

Dan itulah sesungguhnya misi perutusan kita yakni membawa atau mengenalkan Yesus kepada sesama, melalui kesaksian hidup kita atau melalui pewartaan kita. Semoga demikian.