Menu

Mode Gelap

Sejarah · 10 Apr 2022 08:45 WIB

Jejak Karya Bupati Anis Pake Pani, Pembentuk Wajah Kota Ende


					Jejak Karya Bupati Anis Pake Pani, Pembentuk Wajah Kota Ende Perbesar

Jejak Karya Bupati Anis Pake Pani, Pembentuk Wajah Kota Ende

Johanis Pake Pani atau akrap disapa Anis Pake Pani merupakan Bupati Ende yang keempat setelah Herman Josef Gadi Djou. Anis Pake Pani menjabat sebagai Bupati Ende selama dua periode mulai tahun 1983 hingga 1994. Jasanya yang paling diingat adalah program penataan kota melalui monumen dan berbagai fasilitas yang menjadi ciri khas Kota Ende hingga saat ini.

Johanis Pake Pani lahir di Kecamatan Wolowaru, Kabupaten Ende, pada tanggal 3 Desember 1942. Pake Pani memulai studi setingkat Sekolah Dasar  sekitar tahun 1947 sebelum ia pindah sekolah ke Maumere (sekarang Kabupaten Sikka). Pada 1956 Pake Pani dan keluarganya pindah lagi ke Larantuka, Flores Timur dan melanjutkan studi di sana. Pekerjaan ayahnya sebagai seorang polisi mengharuskan Pake Pani kecil sering mengikuti penugasan sang ayah.

Anis Pake Pani menamatkan jenjang Sekolah Menengah di Larantuka sebelum melanjutkan studi di SMAK Syuradikara, Ende, hingga tamat pada 1962. Tahun 1962 Pake Pani melanjutkan kuliah di jurusan Sospol Universitas Gajah Mada hingga diwisuda pada tahun 1967.

Karir Anis Pake Pani di pemerintah dimulai pada tahun 1969 ketika dipercayakan di Direktoral Sospol Pemerintah Provinsi NTT. Setelah itu dia ditarik gubernur El Tari membantu pada kantor PPD (Panitia Pemilihan Daerah) Tingkat 1 NTT. Di PPD 1 dia dipercayakan pada berbagai posisi mulai dari Bendahara, Kepala Biro Perbekalan, hingga Kepala Biro Penyelenggaraan.

Setelah itu Anis Pake diangkat menjadi Kepala Bagian Penelitian pada 1 Oktober 1971 dan pada 1 Agustus 1972 menjadi Kepala Bagian Pembinaan Pamong Praja. Pada 1 Mei 1973 menjadi Kepala Sub Dit Tata Praja. Karirnya terus meroket ketika dipercaya menjadi Kepala Biro Hukum Kantor Gubernur NTT pada 7 Juli 1973 dan 1 April 1978 dipercaya menjadi Kepala Biro Pemerintahan Kantor Gubernur NTT (Bupati Ende Dari Masa ke Masa, 2011:54).

Setelah malang melintang di Kantor Gubernur NTT, Johanis Pake Pani memutukan membhaktikan diri bagi tanah kelahirannya, Kabupaten Ende. Dia mencalonkan diri dari partai Golkar dan terpilih menjadi Bupati Ende pada tahun 1983. Anis Pake Pani kemudian dilantik menjadi Bupati Ende ke 4 pada tanggal 8 Desember di tahun itu.

Program Bupati Ende Anis Pake Pani pada periode pertama adalah melanjutkan pembangunan masa bupati sebelumnya Herman Josef Gadi Djou, melaksanakan pembangunan yang kala itu bersifat top down dari Pemerintah Pusat, dan melakukan inovasi-inovasi baru. Untuk yang terakhir itu, inovasi bupati Pake Pani yang paling dikenang adalah mengembangkan tanaman perdagangan dan menata Kota Ende.

Cerita Johanis Pake Pani (27/3/2022), pada masa kepemimpinannya terdapat 4 aspek pembangunan yang memang difokuskannya saat itu yakni, membuka isolasi jalan, mengembangkan tanaman perdagangan, air minum bersih, dan penataan kota.

“Jadi 4 program utama saya itu, buka isolasi, mengembangkan tanaman perdagangan, air minum bersih, dan juga penataan kota,” tutur Johanis Pake Pani (27/3/2022).

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 395 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Berapa Kali Presiden Soekarno Kunjungi Ende, Tahun Berapa?

22 Mei 2022 - 07:00 WIB

Pemberian karangan bunga saat Presiden Soekarno tiba di Pelabuhan Ende (Sumber: ANRI dalam Citra Kabupaten Ende Dalam Arsip)

Saat Ema Gadi Djou Bawakan Kisah Sengsara Yesus Pada Minggu Palma

10 April 2022 - 05:41 WIB

Herman Josef Gadi Djou atau Ema Gadi Djou saat mengikuti acara pernikahan Abraham Gampar pada 1974 (foto : buku 75 Tahun Sang Visioner H. J. Gadi Djou)

Kocak, Begini Trik Curang Joki Pacuan Kuda di Ende

20 Februari 2022 - 14:24 WIB

Para joki dan pemilik kuda mempersiapkan kuda masing-masing, lokasi diperkirakan di arena pacuan kuda di Ippi, Kota Ende (Foto: Arsip keluarga Lius Kato)

Mengapa Joki Kuda di Ende Mayoritas Anak SD

20 Februari 2022 - 12:40 WIB

Para joki memacu kuda saat balapan, diperkirakan di saat pacuan kuda berlangsung di Jalan Kelimutu, Kota Ende (Foto: Arsip keluarga Lius Kato)

Sejarah Pacuan Kuda di Ende: Berawal di Ippi, Berakhir di Eltari

20 Februari 2022 - 11:55 WIB

Seorang joki menunggangi kudanya, diperkirakan di arena pacuan berbentuk lingkaran di Ippi, Kota Ende (Foto: Arsip keluarga Lius Kato)

Lagu “Ende Deku Dengu” Milik Siapa? Begini Sejarahnya

29 November 2021 - 12:56 WIB

Musisi legendaris Kabupaten Ende, Ferdy Levi (kiri) dan Yakobus Ari (kanan), saat ditemui di kediaman masing-masing (26 dan 29 November 2021)
Trending di Ende