Jejak Karya Bupati Anis Pake Pani, Pembentuk Wajah Kota Ende

Avatar photo
Jejak Karya Bupati Anis Pake Pani, Pembentuk Wajah Kota Ende
Jejak Karya Bupati Anis Pake Pani, Pembentuk Wajah Kota Ende

Johanis Pake Pani atau akrap disapa Anis Pake Pani merupakan Bupati Ende yang keempat setelah Herman Josef Gadi Djou. Anis Pake Pani menjabat sebagai Bupati Ende selama dua periode mulai tahun 1983 hingga 1994. Jasanya yang paling diingat adalah program penataan kota melalui monumen dan berbagai fasilitas yang menjadi ciri khas Kota Ende hingga saat ini.

Johanis Pake Pani lahir di Kecamatan Wolowaru, Kabupaten Ende, pada tanggal 3 Desember 1942. Pake Pani memulai studi setingkat Sekolah Dasar  sekitar tahun 1947 sebelum ia pindah sekolah ke Maumere (sekarang Kabupaten Sikka). Pada 1956 Pake Pani dan keluarganya pindah lagi ke Larantuka, Flores Timur dan melanjutkan studi di sana. Pekerjaan ayahnya sebagai seorang polisi mengharuskan Pake Pani kecil sering mengikuti penugasan sang ayah.

Anis Pake Pani menamatkan jenjang Sekolah Menengah di Larantuka sebelum melanjutkan studi di SMAK Syuradikara, Ende, hingga tamat pada 1962. Tahun 1962 Pake Pani melanjutkan kuliah di jurusan Sospol Universitas Gajah Mada hingga diwisuda pada tahun 1967.

Karir Anis Pake Pani di pemerintah dimulai pada tahun 1969 ketika dipercayakan di Direktoral Sospol Pemerintah Provinsi NTT. Setelah itu dia ditarik gubernur El Tari membantu pada kantor PPD (Panitia Pemilihan Daerah) Tingkat 1 NTT. Di PPD 1 dia dipercayakan pada berbagai posisi mulai dari Bendahara, Kepala Biro Perbekalan, hingga Kepala Biro Penyelenggaraan.

Setelah itu Anis Pake diangkat menjadi Kepala Bagian Penelitian pada 1 Oktober 1971 dan pada 1 Agustus 1972 menjadi Kepala Bagian Pembinaan Pamong Praja. Pada 1 Mei 1973 menjadi Kepala Sub Dit Tata Praja. Karirnya terus meroket ketika dipercaya menjadi Kepala Biro Hukum Kantor Gubernur NTT pada 7 Juli 1973 dan 1 April 1978 dipercaya menjadi Kepala Biro Pemerintahan Kantor Gubernur NTT (Bupati Ende Dari Masa ke Masa, 2011:54).

Setelah malang melintang di Kantor Gubernur NTT, Johanis Pake Pani memutukan membhaktikan diri bagi tanah kelahirannya, Kabupaten Ende. Dia mencalonkan diri dari partai Golkar dan terpilih menjadi Bupati Ende pada tahun 1983. Anis Pake Pani kemudian dilantik menjadi Bupati Ende ke 4 pada tanggal 8 Desember di tahun itu.

Program Bupati Ende Anis Pake Pani pada periode pertama adalah melanjutkan pembangunan masa bupati sebelumnya Herman Josef Gadi Djou, melaksanakan pembangunan yang kala itu bersifat top down dari Pemerintah Pusat, dan melakukan inovasi-inovasi baru. Untuk yang terakhir itu, inovasi bupati Pake Pani yang paling dikenang adalah mengembangkan tanaman perdagangan dan menata Kota Ende.

Cerita Johanis Pake Pani (27/3/2022), pada masa kepemimpinannya terdapat 4 aspek pembangunan yang memang difokuskannya saat itu yakni, membuka isolasi jalan, mengembangkan tanaman perdagangan, air minum bersih, dan penataan kota.

“Jadi 4 program utama saya itu, buka isolasi, mengembangkan tanaman perdagangan, air minum bersih, dan juga penataan kota,” tutur Johanis Pake Pani (27/3/2022).