Mengunjungi “Desa Sekarat”, Penduduk Cuma 75 Orang, Hobi Alkohol 96 Persen

Avatar photo
Desa Runina di Polandia disebut orang-orang sebagai "Desa Sekarat"
Desa Runina di Polandia disebut orang-orang sebagai "Desa Sekarat"

“Desa Sekarat”, itulah sebutan bagi Desa Runina. Desa ini dekat perbatasan Polandia dan Ukraina. Desa Runina hanya memiliki 75 penduduk saja dan mayoritas penduduk hobi minum alkohol 96 persen. Mungkin itu alasan orang-orang menyebutnya sebagai “Desa Sekarat”.

Cerita di Desa Sekarat menjadi objek pemotretan fotografer keturunan Prancis-Belgia Laurent Meurice, seperti diterbitkan Vice (21/01/21). Lelaki 39 tahun itu awalnya ditugaskan mengambil beberapa foto yang akan dipasang ke situs web temannya.

Meurice tak sengaja melewati desa Runina di tengah sesi pemotretan iklan. Dari situ ia berkenalan dan memotret kehidupan di desa tersebut.

Berhubung Meurice tidak fasih bahasa lokal, dia berinteraksi dengan warga melalui makanan.

“Saya pasti disuguhkan makanan dan minuman setiap bertamu, mau itu pagi atau malam,” tuturnya. “Rasanya seperti anak-anak. Kalian tidak boleh menolak kalau disuruh makan” kata Meurice.

Minuman yang dimaksud bukanlah minuman biasa, melainkan miras lokal yang kandungan alkoholnya sekitar 70-96 persen.

“Kalian akan mengawang sepanjang waktu karena tidak pernah berhenti minum.”

Meurice secara intim memotret kehidupan sehari-hari di desa yang populasinya tidak pernah bertambah. Sebagian besar warga tak yakin apa yang akan terjadi pada komunitas mereka di masa depan.

“Ada orang sebaya saya [berusia 30 dan 40-an] yang tidak punya pekerjaan,” ungkapnya. “Dan sejak buku saya terbit pada 2019, beberapa sudah meninggal.”

Sementara dunia luar terus mengalami perubahan, Runina tetap begitu-begitu saja. (VI/EN)