Profil Suster Nathalie Becquart, Perempuan yang Ditunjuk Paus Jadi Wasek Sinode Uskup

  • Bagikan
Suster Nathalie Becquart, perempuan pertama yang ditunjuk Paus Fransiskus sebagai wakil sekretaris Sinode Uskup

Paus Fransiskus menunjuk Suster Nathalie Becquart sebagai wakil sekretaris Sinode Uskup. Ini merupakan momen sejarah, pertama kalinya seorang perempuan menempati jabatan tersebut di Gereka Katolik.

Dengan jabatan itu Suster Nathalie akan memiliki hak suara di badan Sinode Uskup, yang menjadi penasihat Paus dan memperdebatkan beberapa masalah paling kontroversial di Gereja Katolik Roma.

Seperti dilansir Vatican News (07/02/21), Suster Nathalie Becquart yang ditunjuk oleh Paus Francis pada hari Sabtu lalu, telah berbicara tentang kegembiraannya. Dia mengatakan bahwa itu adalah panggilan untuk “melayani Gereja Universal”.

Ditanya bagaimana rasanya menjadi wanita pertama yang memegang posisi itu, Suster Nathalie mengatakan, dia melihatnya sebagai pertanda kepercayaan pada wanita di Gereja.

Nathalie Becquart lahir pada tahun 1969 di Fontainebleau, Prancis. Dia lulusan dari sekolah manajemen HEC dengan gelar Magister Manajemen dengan spesialisasi Kewirausahaan, di Jouy-en-Josas pada tahun 1992. Suster Nathalie kemudian melanjutkan studi filsafat di Universitas Sorbonne di Paris.

Antara tahun 1992-1993 dia menghabiskan tahun sukarelawannya di Beirut, Lebanon, dan bekerja sebagai Profesor Matematika dan Bahasa Prancis di Sekolah Menengah Katolik. Di Beirut dia juga mengambil kursus filsafat dan teologi di ISSR-St Joseph Jesuit University of Beirut.

Nathalie Bergabung dengan Xaviere bersaudara, misionaris Kristus-Yesus (Kongregasi Apostolik Spiritualitas Ignasian) pada Agustus 1995 dan mengucapkan kaul terakhirnya pada September 2005.

Ia telah bekerja dalam berbagai peran termasuk Direktur Spiritual untuk Jaringan Pemuda Ignatian di Prancis, program kepanduan untuk pemuda di daerah perkotaan miskin multikultural, Scouts de France.

Dia pernah menjabat Direktur Pelayanan Kampus di Créteil (Universitas Paris Timur) dan anggota Kantor Pelayanan Pemuda Keuskupan, serta Koordinator Keuskupan WYD (World Youth Day) tahun 2007-2008.

Lalu Wakil Direktur Layanan Nasional untuk Evangelisasi Pemuda dan Panggilan, yang bertanggung jawab atas reksa pastoral universitas, di Konferensi Episkopal Prancis. Serta Direktur Layanan Nasional untuk Evangelisasi Pemuda dan Panggilan di konferensi Uskup Prancis, selama 6 tahun.

Antara 2016-2018 dia menjadi bagian dari tim persiapan untuk Sinode tentang pemuda di Vatikan. Dan, pada bulan Oktober 2018 sebagai Auditor di Sinode Para Uskup tentang “Pemuda, iman dan penegasan kejuruan”.

Sejak itu hingga saat ini Suster Nathalie mengikuti program cuti panjang Vatikan di CTU (Catholic Theological Union), di Chicago, AS. (V/EN)

  • Bagikan