Sejarah! Paus Fransiskus Tunjuk Perempuan Sebagai Wakil Sekretaris Sinode Uskup

Avatar photo
Paus Fransiskus
Paus Fransiskus

Paus Fransiskus menunjuk perempuan sebagai wakil sekretaris Sinode Uskup. Ini merupakan momen sejarah, pertama kalinya seorang perempuan menempati jabatan tersebut di Gereka Katolik.

Suster Nathalie Becquart yang berasal dari Perancis dipilih oleh Paus Fransiskus sebagai wakil sekretaris Sinode Uskup, bersama dengan Pastor Luis Marin. Sinode Para Uskup sendiri saat ini dipimpin oleh Kardinal Mario Grech.

Sinode Para Uskup adalah sebuah lembaga permanen yang didirikan oleh Paus Paulus VI pada 1965, sebagai tanggapan atas keinginan para Bapa Konsili Vatikan II, untuk tetap menghidupkan semangat kolegialitas yang ditimbulkan oleh pengalaman konsili.

Dengan jabatan itu Suster Nathalie akan memiliki hak suara di badan Sinode Uskup, yang menjadi penasihat Paus dan memperdebatkan beberapa masalah paling kontroversial di Gereja Katolik Roma.

Melansir BBC pada Minggu (07/02/21), pimpinan badan tersebut, Kardinal Mario Grech, mengatakan penunjukan itu menunjukkan bahwa, “sebuah pintu telah terbuka”. Grech mencatat bahwa keputusan tersebut mencerminkan keinginan Paus atas partisipasi yang lebih besar dari wanita dalam pengambilan keputusan di gereja.

Namun, menurut informasi yang dikutip dari BBC, langkah tersebut bukanlah awal untuk menahbiskan wanita sebagai imam.

Dalam beberapa tahun terakhir, Sinode Uskup telah memperdebatkan topik-topik doktrin termasuk perlakuan terhadap orang Katolik yang bercerai dan menikah. Pada 2020, Paus Fransiskus menunjuk 6 perempuan ke dewan yang mengawasi keuangan Vatikan. (B/EN)