Selain Limbah, Ini 3 Fakta Kebakaran Batubara di PLTU Ropa

Avatar photo
Petugas menyemprot air untuk memadamkan asap dari batubara di atas kapal tongkang, Kamis 2 November 2023 (foto: Polsek Maurole)
Petugas menyemprot air untuk memadamkan asap dari batubara di atas kapal tongkang, Kamis 2 November 2023 (foto: Polsek Maurole)

Penyebab Kebakaran

Terkait penyebab kebakaran, jelas Ipda Syaiban, asap yang membumbung dari material batubara akibat rongga di dalam tumpukan material.

Rongga ini menyulut asap dari terik matahari yang memanasi material batubara. Saat itu terik matahari di sekitar lokasi cukup menyengat, sebutnya.

BACA JUGA

Titik-titik api pun muncul dan akhirnya mulai membakar tumpukan material, jelas Ipda Syaiban.

“Sesuai info yang diperoleh bahwa penyebab terjadinya asap tersebut disebabkan oleh adanya rongga dalam tumpukan material batubara,” jelasnya. “Sehingga menimbulkan titik api dan juga disebabkan oleh panasnya batubara itu sendiri”.

Api berhasil dipadamkan beberapa jam setelah kejadian. Setelah pemadaman berakhir, proses bongkar muat kembali berjalan secara normal.

Limbah Akibat Kebakaran

Batubara PLTU Ropa yang terbakar adalah batubara jenis  Low Rank Coal atau disingkat LRC. Batubara jenis ini memang mudah terbakar apalagi jika berada ditempat bersuhu panas.